13/01/2022

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Amanat Upacara Berbahasa Inggris Dibiasakan di SMP N 1 Banjarnegara

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – SMP N 1 Banjarnegara sebagai eks Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) akan kembali menggalakkan penggunaan bahasa Inggris untuk membangkitkan motivasi peserta didik, guru, dan karyawan dalam penguasaan bahasa internasional guna mengantisipasi kebutuhan di era globalisasi.

Di masa RSBI saat ini, pembelajaran mata pelajaran IPA dan Matematika di SMP N 1 Banjarnegara dilakukan dalam bahasa Inggris.

Muhammad Masduki Rahmat, Kepala SMP N 1 Banjarnegara dalam sambutan berbahasa Inggris pada pembukaan IHT Peningkatan Penguasaan bahasa Inggris bagi Guru dan Staff pada Rabu (12/1/2022) mengatakan bahwa pada zaman sekarang kebutuhan bahasa Inggris menjadi sangat vital bagi guru dan peserta didik.

“Sehingga pihak sekolah harus kreatif menciptakan kegiatan-kegiatan yang muaranya membangkitkan semangat dan motivasii warga sekolah untuk suka belajar dan menguasai bahasa Inggris,” ujarnya.

Mulai semester genap tahun pelajaran 2021/2022 ini, SMP Negeri 1 Banjarnegara, sesuai dengan anjuran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara, akan menginisiasi sejumlah Program Penguatan ‘English Atmopshere’ di SMP Negeri 1 Banjarnegara.

Kegiatan tersebut termasuk Penggunaan Bahasa Perintah Keseharian Berbahasa Inggris oleh seluruh guru lintas mata pelajaran selama proses pembelajaran, Pemberian Sambutan Amanat Pembina Upacara baik guru dan kepala sekolah berbahasa Inggris, lomba-lomba berbahasa Inggris bagi peserta didik, dan masih banyak lagi.

“Kami rancang berbagai kegiatan kreatif tak berbiaya namun efektif untuk mendukung penguasaan bahasa Inggris di kalangan guru dan peserta didik. Kemarin kami undang ilmuwan Banjarnegara, Dr Tuswadi untuk belajar bersama dengan guru-guru kami guna persiapan KBM yang di dalamnya para guru menggunakan perintah-perintah kepada peserta didik menggunakan bahasa Inggris,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menugaskan tim khusus untuk mensukseskan semua program yang telah kami rancang. Nantinya peserta didik akan diberikan sosialisasi agar mereka paham akan tujuan program tersebut.

Setiap hari Senin biasanya di masa normal sekolah melaksanakan upacara bendera. Ke depan saat Pembina upacara memberikan amanat/sambutan kepada peserta didik, akan digunakan bahasa Inggris sederhanayang mudah dimengerti.

Pembiasaan ini sangat strategis sebagai sarana latihan peserta didik agar terbiasa mengikuti kuliah atau seminar-seminar berbahasa Inggris termasuk ketika dewasa kelak.

“Alumni SMP N 1 Banjarnegara banyak yang sudah go internasional. Mereka studi lanjut di kampus kampus luar negeri; nah untuk menambah motivasi generasi sekarang agar ikuti jejak mereka yang go internasional, amanat Pembina upacara dalam bahasa Inggris rutin sekali seminggu insaa Allah akan menjadi sarana belajar bahasa Inggris yang powerful!” tegas Masduki.

Tim Bahasa Inggris SMP N 1 Banjarnegara telah siap merancang kumpulan naskah amanat upacara berbahasa Inggris untuk implementasi program pertama di Banjarnegara ini. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *