11/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Puluhan Rumah di Cilacap Alami Kerusakan

CILACAP (BANYUMAS POS) – Puluhan rumah di Kecamatan Wanareja dan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang, Sabtu (10/4/2021).

Satu rumah di Desa Matenggeng dilaporkan mengalami rusak berat. Tidak hanya rumah, sejumlah pepohonan pun tumbang akibat angin kencang.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto mengatakan di Kecamatan Wanareja ada empat bangunan yang mengalami kerusakan yakni 3 rumah di Desa Malabar dan 1 mushala di Desa Majingklak.

“jumlah kerugian 3 rumah yang rusak di Desa Malabar mencapai Rp 5,5 juta, dan 1 mushala di Desa Majingklak ditaksir mencapai Rp 2,5 juta,” jelasnya.

Sedangkan di Kecamatan Dayeuhluhur ada 42 bangunan yang mengalami kerusakan berada di 3 Desa yakni Desa Panulisan Barat, Desa Matenggeng dan Desa Dayeuhluhur.

Di Desa Panulisan Barat, 7 bangunan mengalami rusak sedang dan 17 unit rusak ringan dengan taksiran kerugian Rp 125,5 juta dan di Desa Matenggeng, 1 unit rumah mengalami rusak berat dengan taksiran kerugian Rp 7 juta.

Sedangkan di Desa Dayeuhluhur, 1 unit rumah dilaporkan rusak sedang dan 16 unit rumah rusak ringan dengan taksiran kerugian sekitar Rp 49,5 juta.

“BPBD Cilacap melalui UPT setempat telah meninjau lokasi kejadian dan melakukan assessment bersama Forkopimcam dan pihak terkait,” kata Tri Komara Sidhy Wijayanto.

Dia menambahkan, upaya lain yang sudah dilakukan yakni melakukan operasi tanggap darurat dan telah berkoordinasi bersama relawan untuk penanganan darurat dan kerja bakti. Selanjutnya, mendata dan menginventarisir kerusakan dan kerugian akibat bencana angin kencang.

“Kami juga melakukan evakuasi pohon yang tumbang serta rumah yang rusak,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *