20/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

361 KPM Kelurahan Gumilir Terima BST

CILACAP (BANYUMAS POS) – Sebanyak 361 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap XII Tahun 2021 di Pendopo Kelurahan.

Hal tersebut dikatakan Lurah Gumilir, Antoni Nugroho saat ditemui di kantornya, Senin (19/4/2021).

“Penerima manfaat kami undang untuk menerima BST senilai Rp 300 ribu per keluarga, dan hampir semuanya datang. Dalam penyaluran bantuan ini, kami bekerjasama dengan kantor Pos selaku pelaksana kegiatan,” katanya.

Antoni menjelaskan, dalam kegiatan tetap berpedoman pada penerapkan protokol kesehatan dan penyaluran dibagi dalam beberapa RW dengan jeda waktu per jam, hal tersebut di maksudkan untuk menghindari kerumunan.

Terkait mekanisme penyaluran bantuan, Kelurahan menerima dari TKSK, kemudian di verifikasi untuk memastikan apakah penerima manfaat masih berdomisili sesuai alamat dimaksud atau sudah meninggal, maupun sudah pindah domisili. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan.

“Sedangkan penerima yang belum bisa terlayani karena berbagai hal, silahkan mengambil di kantor pos setelah jam 12 siang,” imbuhnya.

Mantan ajudan Bupati tersebut berharap, kedepan agar lebih selektif, terkait data yang ada, mengingat masih manyak warga yang belum menerima bantuan.

“Selain itu dengan adanya BST dapat mengurangi beban ekonomi warga masyarakatnya di saat pandemi,” pungkasnya.

Sementara, salah satu penerima BST, Wati warga RT 01 RW 08 Kelurahan Gumilir mengaku merasa senang mendapat bantuan tersebut.

Menurutnya, bantuan ini bisa untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari apa lagi mau menjelang lebaran. Selain itu, meringankan beban ekonomi keluarga di tengah pandemi Covid-19.

“Saya sangat senang sekali menerima bantuan dari Pemerintah, apalagi kondisi saya sudah renta dan sudah tidak bisa apa-apa, hanya menerima pemberian dari anak nya,” ungkap Yati. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.