17/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

3167 Kantong Plasma Konvalesen Didapat PMI Banyumas dari 972 Penyintas Covid-19 

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Dalam kurun Januari sampai pertengahan September 2021, PMI Banyumas bisa mendapat 3.167 kantong plasma konvalesen. hal itu dikatakan Ketua PMI Banyumas, Sadewo Tri Lastiono di UDD PMI Banyumas di Desa Pekaja, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jumat (17/9/2021) sore.

Wabup menjelaskan, jumlah tersebut berasal dari 972 orang penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma konvalesen (PK) di PMI Banyumas.

“Saat ini PMI Banyumas masih melayani penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan PK-nya,” ungkap Sadewo Tri Lastiono yang juga selaku Ketua PMI Banyumas didampingi dokter dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Banyumas, dr. Ivone Rusyandari.

Sadewo menyampaikan bahwa dirinya juga akan mendonorkan plasma konvalesennya. “Saya juga penyintas Covid-19, lulusan Covid-19. Hanya masih menunggu waktu diperbolehkan karena setelah sembuh dari Covid-19 tidak bisa langsung donor,” imbuhnya.

Lanjut Sadewo, seiring dengan berkurangnya jumlah kasus Covid-19 dan terus bertambahnya jumlah pasien Covid-19 yang sembuh, di UDD PMI Banyumas saat ini memiliki stok plasma konvalesen yang cukup.

Ia berharap ke depan PMI Banyumas semakin baik dan kompak, serta keberadaannya membawa maslahat bagi masyarakat.

”Kahadiran PMI Banyumas di saat pandemi Covid-19 sangat dirasakan manfaatnya. Di antaranya PMI memberikan bantuan oksigen dan obat-obatan kepada penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah sehingga mempercepat penyembuhan pasien Covid,” ujarnya.

Dokter Ivone selaku bertanggungjawab donor darah di PMI Banyumas menyampaikan, meski stok PK tersedia dalam jumlah yang cukup, UDD PMI Banyumas tetap melayani penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan plasma konvalesennya.

”Stok plasma konvalesen saat ini tersedia dalam jumlah yang cukup. Pelayanan donor PK tetap dilayani, tetapi kami batasi. Tujuannya supaya tidak berlebihan karena kulkas untuk menyimpan stok PK-nya juga terbatas,” terangnya.

Sementara, untuk donor reguler, kata Ivone, pada periode yang sama (Januari – pertengahan September 2021) PMI Banyumas terkumpul sebanyak 24.840 kantong darah dari berbagai golongan darah.

“Jumlah pendonor yang mendaftar sebanyak 30.905 orang, tetapi tidak semua yang mendaftar bisa diambil darahnya karena beberapa sebab, seperti tekanan darah dan HB-nya yang tidak memenuhi syarat saat akan donor,” katanya.

Dijelaskannya, untuk donor darah reguler PMI Banyumas setiap hari menerima donor dari para pendonor sukarela. Donor darah reguler dilayanidi UDD PMI Banyumas yang ada di Pekaja maupun dengan jemput bola melalui pelayanan mobil unit.

”Termasuk dalam rangkaian HUT ke-76, di UDD selama dua hari dilaksanakan donor darah massal dengan target minimal dapat 500 kantong darah. Jadwal rutin tiap hari juga masih berjalan meski saat pandemi Covid-19 frekuensinya berkurang. Stok darah saat ini masih mencukupi,” tandasnya.

Sementara, Kepala Markas PMI Banyumas, Ariono menambahkan, Dalam rangka HUT ke-76, selain donor darah massal juga dilaksanakan Bakti sosial.

“Diantaranya berupa pemberian bantuan kaca mata gratis kepada pelajar yang ada di Kecamatan Pekuncen dan jamban keluarga untuk beberapa keluarga di Kecamatan Pekuncen serta kursi roda,” pungkasnya. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *