15/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

300 Orang Tenaga Transportasi Mendapat Vaksin Gratis dari Polres Cilacap

Cilacap (Banyumas Pos) – Dalam rangka mendukung Program percepatan vaksinasi yang ditarget menyasar hingga 1,3 juta vaksin, Polres Cilacap menggelar vaksinasi di terminal Cilacap, Kamis (15/7/2021).

Sebanyak 300 orang tenaga transportasi mendapatkan vaksinasi gratis dari Polres Cilacap. Vaksinasi yang digelar di terminal Cilacap ini menyasar pengemudi angkutan umum, baik yang organda atau bukan, driver ojek, lintas komunitas dan karyawan dealer di Cilacap.

Kegiatan vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB. Agar tidak terjadi penumpukan peserta, sebelumnya mereka sudah di data terlebih dahulu oleh petugas dan datang sesuai dengan nomor jadwal yang telah ditentukan.

Jalannya kegiatan vaksinasi juga dilaksanakan menggunakan Prokes ketat, dengan menerjunkan personil Polres Cilacap dari Sat Lantas dan sejumlah pegawai terminal setempat.

Selain itu, jalur vaksinasi telah dipersiapkan mulai dari pendaftaran, skrining, penyuntikan vaksin dan observasi.

Peserta vaksin juga wajib menerapkan Protokol kesehatan mulai dari cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak tidak berkerumun.

Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi menjelaskan, sasaran vaksinasi kali ini diberikan kepada masyarakat yang sering berinteraksi dangan warga lain terutama di tempat transportasi umum.

“Kita fokuskan kepada masyarakat yang sering berinteraksi dengan warga lain dan vaksinasi ke dua akan digelar sekitar dua minggu ke depan yang akan dijadwalkan ulang nanti di klinik polres. Vaksinasi telah disediakan untuk 300 orang,” kata Kapolres usai meninjau vaksinasi.

Kapolres menambahkan, dalam upaya percepatan vaksinasi tersebut, akan digelar secara bertahap menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ditargetkan 1,3 juta vaksin hingga akhir tahun 2021.

Sebelumnya, Polres Cilacap juga telah menggelar vaksinasi massal dengan menyasar sejumlah kelompok masyarakat seperti karyawan perusahaan, nelayan, para ulama, masyarakat pertokoan dan kelompok lainnya.

“Vaksinasi ini kita turun bersama, baik TNI Polri, rumah sakit negeri maupun swasta, serta klinik kesehatan,” tandasnya.

Vaksinasi bagi tenaga transportasi tersebut disambut baik masyarakat. Salah satunya Maria (25) sebagai karyawan otomotif yang mengaku sangat membutuhkan vaksin ini sebagai pelindung diri karena sering kontak dengan masyarakat.

“Saya menyambut baik, cukup senang bisa divaksin agar tubuh menjadi kebal sehingga bisa menangkal paparan Covid-19 karena saya melayani masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi menyampaikan bahwa program vaksinasi untuk kelompok transportasi masih dilakukan secara bertahap. Sebab, kedatangan vaksin dari Pemerintah jumlahnya terbatas.

“Masih bertahap dan memang belum semuanya. Kami masih menunggu kiriman vaksin yang datang karena vaksinnya masih kurang,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *