02/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

3 Warga Desa Krangean Terjangkit DBD, Dinas Kesehatan Gelar Fogging

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Masih ditemuinya kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di tengah pendemi Covid-19 seperti saat ini menjadi keprihatinan berbagai pihak. Salah satunya di Desa Krangean, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga.

Belum lama ini, ditemukan adanya 3 kasus warga Desa Krangean, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga yang terjangkit DBD.

Tak ingin hal ini terus berlanjut makin masif menyebar, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Puskesmas Kertanegara dan Bidan Desa dengan didampingi Babinsa menggelar kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang dilanjutkan dengan Fogging dan sosialisasi kebersihan lingkungan, Rabu (2/6/2021).

Adanya kasus ini, salah satu petugas dari Dinkes Kabupaten Purbalingga Aji Sumbodo mengatakan bahwa tak dipungkiri, selain alasan hujan yang masih kerap turun, juga karena dimungkinkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) termasuk fogging sedikit terabaikan.

Aji menambahkan, selain itu, kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya juga terlihat menurun.

“Berbagai pihak saat ini lebih fokus kepada berbagai kegiatan untuk penanganan penyebaran Covid-19 dan lainnya, karenanya untuk PSN maupun fogging agak kurang intensitas pelaksanaannya,” tuturnya.

Adanya hal tersebut, lanjutnya, dimohon kepedulian masyarakat untuk tetap peduli dengan selalu membersihan lingkungannya.

“Jangan biarkan ada ruang dan tempat untuk bersarang nyamuk deman berdarah. Kesadaran akan kebersihan lingkungan agar selalu ditingkatkan,” katanya.

Sementara, Serka Ratman selaku Babinsa Posramil Kertanegara Koramil 12/Karanganyar Desa Krangean menghimbau kepada seluruh warga agar lebih peduli akan kebersihan lingkungan.

“Diharapkan tumbuh kesadaran tiap individu untuk menjaga kebersihan lingkungan, jangan sampai terlambat lalu sadar berbuat setelah ada yang terjangkit DBD,” pungkasnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *