01/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

3 Puskesmas Mendapat mobil ambulance dan 43 refrigerator vaksin untuk 38 Puskesmas di Cilacap

CILACAP (BANYUMAS POS) – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menyerahkan 3 unit mobil ambulance, masing-masing untuk UPT Puskesmas Sampang, Kesugihan I dan Cilacap Tengah II, Senin (31/5/2021).

Serah terima tersebut dilakukan di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti disaksikan Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Cilacap, Farid Ma’ruf dan Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi.

Kepala Dinas Kesehatan, Pramesti menjelaskan, ambulance tersebut akan digunakan untuk vaksinasi dan kegiatan penanggulangan Covid-19 di Puskesmas.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman secara simbolis menyerahkan 43 refrigerator vaksin untuk 38 Puskesmas di seluruh Kabupaten Cilacap.

Lebih lanjut, Refrigerator tersebut berfungsi mengatur suhu untuk menjaga kualitas vaksin.

“Harapannya untuk meningkatkan efektivitas vaksin pada saat nanti disuntikkan kepada masyarakat”, kata Wakil Bupati.

Di sela-sela kesempatannya, Wakil Bupati menyampaikan hasil Whole Genome Sequencing para tenaga kesehatan RSUD Cilacap yang diduga terpapar ABK Philipina. Mereka bukan terpapar varian India B.1617.2, melainkan varian lokal.

“Jadi berarti virus varian India kemarin bisa dilokalisir, sehingga hanya terjadi pada 13 ABK tersebut. Tenaga kesehatan, Dinas Kesehatan sudah berjuang maksimal dan luar biasa,” ungkap Syamsul.

Meski demikian, Syamsul mengimbau agar masyarakat Cilacap tetap waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Jadi masyarakat Cilacap dan sekitarnya tidak perlu khawatir yang berlebihan. Cilacap aman asalkan tetap menjalankan prokes,” ujarnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *