16/12/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

20 Anggota Baru Akademi Ilmuwan Muda Indonesia Dilantik

YOGYAKARTA (BANYUMAS POS) – Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) menggelar Sidang Paripurna untuk tahun 2021 bertempat di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama tiga hari (9-11 Desember 2021).

Akademi yang didirikan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 9 tahun 2016 di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (API) juga melantik sebanyak 20 anggota baru. 10 Anggota Baru ALMI hadir luring didampingi Presiden dan Sekretaris Jendral ALMI.

Pada hari pertama Kamis (9/12/2021) hadir secara hybrid (luring dan daring) Ketua AIPI, Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro dan Founding Father ALMI, Profesor Sangkot Marzuki, Presiden ALMI, Sri Fatmawati, Ph.D., dan seluruh pengurus serta anggota ALMI.

Dalam sambutannya, Ketua AIPI merekomendasikan bagaimana paten dan publikasi ilmiah harus diutamakan untuk kemaslahatan umat serta menekankan pentingnya memperkuat peran para ilmuwan ALMI sebagai role model dalam membangun bangsa berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sementara Profesor Sangkot Marzuki, salah satu pendiri ALMI, menasehatkan agar para ilmuwan tetap menjunjung tinggi kejujuran dan integritas akademik sehingga sepak terjangnya selalu dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan di hadapan masyarakat.

Sri Fatmawati, Ph.D., Presiden ALMI (2020-2022), dosen Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), dalam sambutannya melaporkan bahwa selama masa pandemi Covid-19, kegiatan ALMI pada 2020-2021 fokus pada bagaimana sumbangsih ALMI turut serta dapat membantu pemerintah dan masyarakat mengatasi dampak Covid-19.

Sekitar 35 kegiatan strategis dapat terlaksana secara daring di antaranya Scientist Series Webinar sebanyak 15 kali dengan menghadirkan para ilmuwan ALMI membahas berbagai topik yang diikuti oleh masyarakat umum maupun kalangan akademis.

From Research to Policy Webinar sebanyak 4 kali yang membahas bagaimana sebuah kebijakan termasuk dalam pemerintahan diambil berdasarkan hasil riset (evidence-based). Kisah Para Ilmuwan Webinar sebanyak 4 kali yang diikuti oleh para peserta didik di sekolah, guru, dosen dan mahasiswa.

Hal ini untuk memberikan wawasan terkait inspirasi perjalanan karir para ilmuwan Scientist Goes to School Webinar dengan fokus membidik sekolah-sekolah agar generasi muda tertarik pada Sains dan posisi sebagai ilmuwanserta masih banyak lagi kegiatan yang bersifat kolaboratif menggandeng KSI (knowledge Sector Initiative), Kemendikbud RI, dan lain-lain.

Tiga anggota ALMI yang purna dan hadir luring menerima plakat dari Presiden ALMI, Dr Tuswadi, Direktur Program ALMI yang merupakan Direktur Politeknik Banjarnegara mengatakan sore ini (12/12) dalam Sidang Paripurna tersebut dikukuhkan 20 anggota baru ALMI yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga riset di tanah air.

Mereka telah terseleksi dengan sangat ketat melalui voting berdasarkan rekam jejak riset dan prestasi-prestasi oleh AIPI dan ALMI.

“Mereka, para anggota baru merupakan ilmuwan dengan usia maksimal 45 tahun dan memenuhi syarat sesuai AD/ART ALMI. Kedua puluh anggota baru ALMI di 2021 adalah dari Kelompok Keilmuwan Ilmu Pengetahuan Daar yakni Prof. Dr. Asep Gunawan (IPB), Dr Granprix T.M. Kadja (ITB), Prof. Dr Heri Kuswanto (ITS), dan Dr Witri Wahyu Lestari (UNS),” katanya.

Adapun dari Kelompok Keilmuwan Kedokteran yakni Dr Gita Vitra Soraya (UNHAS), Dr Harapan (UNSYIAH), Dr Rina La Distia Nora (UI), dan Prof. Dr. Rizky Abdulah (UNPAD). Kemudian dari Kelompok Keilmuwan Ilmu Rekayasa yakni Dr Anawati (UI), Dr Cindi Rianti Priadi (UI), Dr Nuraini Rahma Hanifa (BRIN), dan Dr Sritrusta Sukarindhoto (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Kelompok Keilmuwan Ilmu Sosial: Dr Aidy Halimanjaya (DALA Institute), Dr Fachrizal Afandi (UNIBRAW), Dr Laras Sekarasih (UI), Dr Lilis Mulyani (BRIN), dan Dr Santi Kusumaningrum (UI),” jelas Dr Tuswadi.

Sejumlah Anggota ALMI pada Gala Dinner Sidang ParipurnaALMI pada hari kedua Minggu (10/12/2021), Sidang Paripurna ALMI menggelar pemilihan Presiden ALMI masa bakti 2022-2024 dan terpilih Dr Gunadi (UGM) sebagai Elected President dan Dr Herlambang (UGM) sebagai Elected Sekretaris Jendral ALMI.

“Harapannya di kepengurusan yang baru nanti Akademi Ilmuwan Muda Indonesia akan lebih cekatan dan inklusif dalam membersamai masyarakat membangun Indonesia yang lebih maju berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai amanah Undang-Undang Dasar 1945 sehingga misi ALMI dapat tercapai yaitu Mendorong terciptanya kemajuan ilmu pengetahuan garda depan melalui kolaborasi lintas disiplin di kalangan ilmuwan muda,” ujarnya.

Lanjutnya, mendorong terciptanya perangai ilmiah dan berkembangnya budaya ilmiah unggul pada generasi muda, Mendorong penggunaan ilmu pengetahuan dalam perumusan kebijakan publik, dan Menjadi bagian dari gerakan akademi ilmuwan muda dunia dalam menjawab tantangan global. Sidang Paripurna ALMI ditutup pada hari Senin (11/12/2021) dengan Historical Touring to Borobudur Temple. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *