07/11/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

15 Pesepeda dari Kebumen Ambil Bagian Event ‘Gowes Tour De Borobudur 2021’

MAGELANG (BANYUMAS POS) – Sebanyak 150 peserta ambil bagian dalam event ‘Gowes Tour De Borobudur Tahun 2021’, Sabtu (06/11). Sport tourism yang digagas komunitas Semarang Bicycle Association (Samba) ini bekerjasama dengan Bank Jateng itu dimulai dari Solo dan finish di Candi Borobudur dan Candi Pawon Magelang.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi melepas start dari halaman Benteng Vastenburg Solo pukul 06.00 WIB. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama istri turut bersepeda sejauh 120 km membelah alam Jawa Tengah. Sedangkan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang hadir hanya turut bersepeda sampai keluar kota Solo.

Gowes kali ini melalui rute sangat indah meskipun tantangannya berat. Para peserta melewati sejumlah objek wisata seperti pelataran Candi Sewu, Candi Prambanan, Agribisnis Tempel, Candi Borobudur dan Candi Pawon.

Tour De Borobudur kali ini mengambil tema ‘Saya Sudah Divaksin’. Setiap peserta telah menjalani swab antigen dan telah menjalani vaksinasi lengkap. Ganjar Pranowo berharap kegiatan itu mengawali persiapan pembukaan objek wisata di Jawa Tengah seiring menurunnya angka Covid-19.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyampaikan, ajang Tour De Borobudur tidak hanya olahraga, namun ajang ini juga bertujuan untuk mengangkat pariwisata dan ekonomi masyarakat.

“Ini sudah ke-21 kali kita gelar. Tak hanya olahraga, tapi juga pariwisata dan ekonomi. Hampir tiap titik kita lewatkan peserta ini ke objek-objek wisata, mereka melihat candi, suasana perkampungan dan lainnya,” jelasnya.

Tidak hanya para goweser yang mendapat manfaat, masyarakat juga mendapat banyak sekali manfaat dari event ini. Penginapan akan terisi, peserta akan belanja oleh-oleh dan kelak kemudian hari para peserta ini akan mengajak keluarganya untuk berwisata ke tempat-tempat tersebut.

“Akan banyak tempat wisata yang diketahui, pasti kelak kemudian hari mereka akan mengajak keluarganya untuk piknik. Sehingga pariwisata jalan. Alhamdulillah kondisi pandemi sudah membaik, pariwisata kita dorong lagi dengan event-event semacam ini,” ujarnya.

Sebanyak 15 peserta dari Kebumen turut memeriahkan event tersebut. Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama dan sejumlah peserta dari Kebumen termasuk pengusaha muda Santoso Budiawan, tampak bersemangat bersepeda mulai dari start hingga finish.

“Event ini sangat menarik karena melibatkan desa-desa wisata. Di setiap titik mereka menyuguhkan hiburan kesenian,” kata Santoso Budiawan.

Ketua panitia Tour De Borobudur 2021, Hendra Dharmanto menyampaikan, rencana Tour De Borobudur akan berlangsung sebanyak lima seri. Setelah seri pertama, Tour De Borobudur seri kedua balap sepeda yang melibatkan para atlet sepeda tanah air pada Minggu 7 Nopember 2021.

Sebanyak 100 peserta akan adu cepat dari Candi Borobudur menuju Nepal Van Java. Mereka akan melalui jalur pedesaan dan pegunungan yang menyuguhkan pemandangan keindahan alam.

“Sementara tiga seri sisanya akan berlangsung pada bulan ini,” tutup Hendra. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *