14/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

12 Pelanggar Terjaring Operasi Yustisi di Adipala

CILACAP (BANYUMAS POS) – Anda melanggar, berarti Anda siap ditindak. Itulah konsekuensi yang harus ditanggung warga yang membandel dan mengabaikan aturan protokol kesehatan (Prokes).

Dan hal itu juga menjadi konsep pendisplinan warga yang diterapkan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Adipala, dalam upaya menegakkan protokol kesehatan.

Operasi yustisi ini digelar dalam bentuk operasi masker yang secara rutin dilakukan di lokasi berbeda.

Seperti hari ini, Rabu (14/3/2021), Satgas Covid Adipala sedang menggelar operasi masker di Jalan Diponegoro, Desa Welahan Wetan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Hadir Camat Adipala yang juga Ketua Satgas Covid, Teguh Prastowo, Danramil 08 Adipala yang diwakili Peltu Wahidin, Polsek Adipala, AKP Budhi Suryanto, Sekretaris Kecamatan Adipala, Kodirin.

Selain itu, perwakilan UPT Puskesmas II Adipala, Zulfikar, Kasi Trantibum Kecamatan Adipala, Heri Setyoadi, Kepala Desa Welahan, Riyanti, Bidan Desa, Sulinurfitanti, dan relawan Covid-19 Desa setempat.

Pelda Wahidin menegaskan, Satgas memiliki payung hukum terkait operasi yustisi di wilayah sesuai Perbup (Peraturan Bupati) No 126 Tahun 2020 tentang Penerapan Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dan Perda (Peraturan Daerah) No 5 Tahun 2020 tentang Tidak Memakai Masker pada Saat Beraktivitas di Luar Rumah.

Dalam pelaksanaan operasi masker kali ini masih ditemukan warga yang melanggar. Satgas menjaring setidaknya 12 pelanggar, dan semuanya tidak menggunakan masker.

Sebagai efek jera dan pembelajaran di kemudian hari, Satgas Covid Kecamatan Adipala memberikan tindakan berupa pembinaan, yaitu tindakan fisik. seperti push up atau mengucapkan teks Pancasila dan penghormatan kepada bendera Merah Putih.

“Selanjutnya kita lakukan pendataan serta membuat surat pernyataan kesanggupan untuk mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Pelda Wahidin. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *